RSS
Hello! Welcome to this blog. You can replace this welcome note thru Layout->Edit Html. Hope you like this nice template converted from wordpress to blogger.

Jika saya menjadi seorang pemimpin maka saya akan melakukan untuk memajukan koperasi:

1. Komitmen dari Anggota
Upaya memajukan dunia koperasi perlu komitmen seluruh anggotanya. Koperasi harus mempunyai konsep kerja yang baik yaitu komitmen untuk maju. Koperasi merupakan pelayan bagi anggotanya sendiri sehingga tercipta kepercayaan.

Merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan setiap koperasi dalam rangka pertanggung jawaban pengurus kepada anggota. Konsep kerja sebuah koperasi harus didasari beberapa hal yang mendasar serta menuntut koperasi itu berhasil atau tidak untuk ke depan.

Modal utama yang harus dilestarikan pengurus serta anggota adalah komitmen, kejujuran serta amanah dalam arti bertanggungjawab dengan apa yang dititipkan kepada kita. Semua itu harus dipegang teguh sebuah kepengurusan..

Peluang usaha yang dijalankan koperasi tidak perlu banyak tetapi bagaimana mengoptimalkannya. Menanggapi kinerja koperasi, disebutkannya, jangan sampai memonopoli kegiatan usaha yang lain.

Konsep kebersamaan dalam bersaing sangat perlu untuk membangun mental para pengurus maupun anggota. Semangat kegotongroyongan merupakan sebuah bahan pondasi yang baik dalam memajukan sebuah koperasi.

Tidak adanya rasa kebersamaan dalam koperasi, bisa dikatakan koperasi yang rapuh. Banyak kejadian dapat dilihat koperasi yang mengakar pada kekuatan dan swadaya anggotanya mampu berhasil bertahan ditengah badai globalisme dan kapitalisme.

2. Membenahi kondisi internal koperasi
Praktik-praktik operasional yang tidak tidak efisien, mengandung kelemahan perlu dibenahi. Dominasi pengurus yang berlebihan dan tidak sesuai dengan proporsinya perlu dibatasi dengan adanya peraturan yang menutup celah penyimpangan koperasi. Penyimpangan-penyimpangan yang rawan dilakukan adalah pemanfaatan kepentingan koperasi untuk kepentingan pribadi, penyimpangan pengelolaan dana, maupun praktik-praktik KKN.
3. Memberikan Pelatihan Karyawan
Dengan adanya pelatihan kemampuan terhadap karyawan koperasi tiap 3 bulan sekali, diharapkan sistem keuangan dan birokrasi internal di dalam koperasi dapat teratasi.

sumber :http://arsip.pontianakpost.com/berita/index.asp?Berita=Sambas&id=89062

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 assignment. All rights reserved.
Free WordPress Themes Presented by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy